Resep Sambal Terong Waroeng Ss

Posted on

Resep Sambal Terong Waroeng Ss salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terong Waroeng Ss

Kamu yang suka makan pedas pasti tahu betapa enaknya sambal terong. Sambal terong bisa dicampur dengan nasi, lauk-pauk, atau dimakan langsung dengan kerupuk. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep sambal terong waroeng ss yang enak dan mudah dibuat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal terong waroeng ss, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 5 buah terong ungu
  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng
  • 100 ml air

Cara membuat sambal terong waroeng ss

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal terong waroeng ss:

1. Goreng terong dan cabe rawit

Pertama-tama, potong-potong terong dan cabe rawit, lalu goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bumbu

Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus hingga harum. Tambahkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil dan aduk rata.

3. Tambahkan air, garam, dan gula

Tuang air ke dalam wajan, lalu tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata hingga gula dan garam larut.

4. Masukkan terong dan cabe rawit

Setelah itu, masukkan terong dan cabe rawit yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam terong dan cabe.

5. Angkat dan sajikan

Terakhir, angkat sambal terong waroeng ss dari wajan dan sajikan di piring saji. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang atau tomat sebagai hiasan.

Tips agar sambal terong waroeng ss lebih enak

Agar sambal terong waroeng ss yang kamu buat lebih enak, kamu bisa menambahkan sedikit kecap manis atau perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air jika sambal terong terlalu kering atau gosong saat dimasak.

Jika kamu ingin mencoba variasi sambal terong, kamu bisa menambahkan bahan-bahan seperti udang kering, ikan teri, atau petis. Tambahkan bahan-bahan tersebut saat kamu menumis bawang merah dan bawang putih.

Setelah kamu membuat sambal terong waroeng ss yang enak, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Sambal terong bisa bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dengan benar.

People also ask, bagaimana cara membuat sambal terong yang enak dan mudah? Cara membuat sambal terong waroeng ss yang enak dan mudah adalah dengan menggoreng terong dan cabe rawit, menumis bawang merah dan bawang putih, menambahkan air, garam, dan gula pasir, dan memasak hingga air menyusut. Kamu bisa menambahkan kecap manis atau perasan jeruk nipis agar sambal terong lebih enak.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Waroeng Ss ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :