Resep Sambal Terong Cabe Hijau

Posted on

Resep Sambal Terong Cabe Hijau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terong Cabe Hijau

Ketika berbicara tentang masakan Indonesia, salah satu bahan makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah cabe. Cabe adalah bahan makanan yang sangat populer di Indonesia dan digunakan dalam banyak masakan. Salah satu masakan yang menggunakan cabe hijau sebagai bahan utamanya adalah sambal terong cabe hijau. Sambal terong cabe hijau adalah sambal yang terbuat dari terong dan cabe hijau. Sambal ini sangat enak dan cocok untuk dihidangkan bersama dengan nasi putih dan lauk pauk.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat sambal terong cabe hijau, kita harus menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terong cabe hijau:

  • Terong hijau sebanyak 2 buah
  • Cabe hijau sebanyak 10 buah
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Bawang merah sebanyak 5 siung
  • Tomat sebanyak 2 buah
  • Gula merah sebanyak 1/2 ons
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahannya siap, kita bisa mulai membuat sambal terong cabe hijau. Berikut adalah cara membuat sambal terong cabe hijau:

1. Memotong Bahan-Bahan

Pertama-tama, kita harus memotong semua bahan-bahan yang sudah disiapkan. Potong terong hijau dan cabe hijau menjadi ukuran kecil-kecil. Iris bawang putih dan bawang merah. Potong tomat menjadi dadu kecil.

2. Menggoreng Bahan-Bahan

Selanjutnya, panaskan minyak goreng di dalam penggorengan. Setelah minyak goreng panas, masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

3. Menambahkan Bahan Lainnya

Setelah bawang putih dan bawang merah harum, masukkan cabe hijau dan terong hijau yang sudah dipotong kecil. Aduk rata dan masak hingga terong hijau dan cabe hijau layu.

4. Menambahkan Gula dan Garam

Setelah terong hijau dan cabe hijau layu, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga gula merah larut dan bumbu tercampur sempurna.

5. Menambahkan Air

Setelah semua bahan tercampur sempurna, tambahkan air secukupnya. Masak lagi hingga air menyusut dan sambal terong cabe hijau matang.

6. Menyajikan

Setelah sambal terong cabe hijau matang, angkat dan sajikan sambal di dalam mangkuk. Sambal terong cabe hijau siap dihidangkan bersama dengan nasi putih dan lauk pauk.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal terong cabe hijau yang sudah Anda buat. Pastikan rasanya sudah pas dan enak. Selamat mencoba!

People also ask tentang sambal terong cabe hijau:

  • Bagaimana cara membuat sambal terong cabe hijau yang pedas?
  • Berapa lama sambal terong cabe hijau bisa disimpan?
  • Berapa banyak sambal terong cabe hijau yang bisa dihasilkan dari resep ini?
  • Bagaimana cara membuat sambal terong cabe hijau yang tidak terlalu pedas?

Untuk membuat sambal terong cabe hijau yang lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit atau cabe merah ke dalam bahan-bahan yang sudah dipotong kecil. Untuk menyimpan sambal terong cabe hijau, simpan di dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Sambal terong cabe hijau bisa disimpan selama 1-2 minggu. Jumlah sambal terong cabe hijau yang bisa dihasilkan dari resep ini tergantung pada banyaknya bahan yang digunakan. Untuk membuat sambal terong cabe hijau yang tidak terlalu pedas, kurangi jumlah cabe hijau yang digunakan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Cabe Hijau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :