Resep Sambal Terong Bumbu Merah

Posted on

Resep Sambal Terong Bumbu Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terong Bumbu Merah

Sebagai koki profesional, saya ingin berbagi resep sambal terong bumbu merah yang pasti akan membuat lidah Anda bergoyang. Sambal terong bumbu merah merupakan salah satu masakan Indonesia yang sangat populer. Bahan utamanya adalah terong yang dihaluskan dengan bumbu merah yang pedas dan gurih. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan

Sebelum memulai memasak, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah terong
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong terong

Pertama-tama, potong terong menjadi bagian kecil-kecil. Jangan terlalu besar agar mudah dihaluskan saat diblender. Setelah dipotong, rebus terong hingga matang. Tiriskan dan diamkan sebentar.

2. Haluskan bumbu

Selanjutnya, haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan tomat dengan blender atau ulekan. Pastikan bumbu terhalus sempurna.

3. Tumis bumbu

Setelah bumbu halus, panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu hingga harum. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.

4. Tambahkan daun salam dan jeruk

Tambahkan daun salam dan jeruk ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan selama 2-3 menit hingga daun salam dan jeruk layu.

5. Tambahkan terong

Setelah itu, masukkan terong yang sudah direbus tadi ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan masak selama 5-10 menit.

6. Sajikan

Setelah sambal terong bumbu merah matang, angkat dan sajikan di atas piring. Sambal terong bumbu merah siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

Nah, itu dia resep sambal terong bumbu merah yang lezat dan pedas. Jangan lupa untuk mencobanya di rumah ya. Selamat mencoba!

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal terong bumbu merah yang enak?

Jawaban: Untuk membuat sambal terong bumbu merah yang enak, pastikan terong sudah matang sempurna sebelum dihaluskan. Selain itu, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya agar rasanya lebih seimbang. Jangan lupa untuk menumis bumbu hingga harum agar aroma bumbu tercium lebih sedap.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Bumbu Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :