Resep Sambal Kerang Cabe Ijo

Posted on

Resep Sambal Kerang Cabe Ijo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Kerang Cabe Ijo

Kamu sedang mencari resep sambal kerang cabe ijo yang enak dan mudah dibuat? Jangan khawatir, sebagai seorang koki profesional, saya akan memberikan resep sambal kerang cabe ijo yang pasti akan membuat lidah kamu bergoyang. Sambal kerang cabe ijo merupakan salah satu hidangan khas nusantara yang sangat populer dan nikmat. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas, segar dan cocok disajikan bersama nasi putih dan lauk pauk kesukaan kamu. Yuk, simak resep sambal kerang cabe ijo berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal kerang cabe ijo, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram kerang hijau
  • 10 buah cabe hijau besar
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Kerang Cabe Ijo

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memasak sambal kerang cabe ijo. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

1. Bersihkan Kerang

Pertama-tama, bersihkan kerang dengan air mengalir. Buang kerang yang sudah terbuka dan cuci bersih dengan air mengalir lagi. Setelah itu, rebus kerang dengan air dan jeruk nipis hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2. Haluskan Bahan-bahan

Selanjutnya, haluskan cabe hijau, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Jangan terlalu halus, agar sambal memiliki tekstur yang sedikit kasar.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk rata.

4. Masukkan Kerang

Tambahkan kerang yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam kerang. Angkat dan sajikan.

5. Sajikan Sambal Kerang Cabe Ijo

Setelah sambal kerang cabe ijo matang, kamu bisa langsung menyajikannya bersama nasi putih dan lauk pauk kesukaan kamu. Sambal ini juga cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan seafood.

Demikianlah resep sambal kerang cabe ijo yang enak dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Jawaban untuk people also ask:

1. Apa jenis kerang yang cocok digunakan untuk sambal kerang cabe ijo?

Jawaban: Jenis kerang yang cocok digunakan untuk sambal kerang cabe ijo adalah kerang hijau.

2. Bisakah sambal kerang cabe ijo disimpan dalam waktu yang lama?

Jawaban: Sambal kerang cabe ijo dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas dengan suhu yang dingin.

3. Apa yang bisa dijadikan pelengkap hidangan sambal kerang cabe ijo?

Jawaban: Sambal kerang cabe ijo cocok disajikan bersama nasi putih dan lauk pauk kesukaan kamu, atau sebagai pelengkap hidangan seafood.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Kerang Cabe Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :