Resep Sambal Goreng Ati Yg Enak

Posted on

Resep Sambal Goreng Ati Yg Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Goreng Ati Yg Enak

Kamu suka masakan pedas? Atau kamu ingin mencoba sesuatu yang baru? Sambal goreng ati bisa menjadi pilihan yang tepat. Sambal goreng ati merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari hati ayam atau hati sapi yang digoreng dan diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. Banyak sekali variasi resep sambal goreng ati yang bertebaran di internet, tapi kali ini saya akan membagikan kepada kamu resep sambal goreng ati yang enak dan pastinya bikin nagih. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai memasak, tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng ati yang enak:

  • 500 gram hati ayam atau hati sapi
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 500 ml santan kental
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu bisa memulai memasak. Berikut adalah cara membuat sambal goreng ati yang enak:

1. Membersihkan hati ayam atau hati sapi

Pertama-tama, bersihkan hati ayam atau hati sapi dengan air mengalir. Kemudian, iris tipis-tipis hati ayam atau hati sapi tersebut.

2. Marinasi hati ayam atau hati sapi dengan jeruk nipis

Setelah diiris, marinasi hati ayam atau hati sapi dengan jeruk nipis selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada hati ayam atau hati sapi.

3. Menumis bumbu

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis daun salam, serai, daun jeruk purut, dan lengkuas hingga harum.

4. Menambahkan hati ayam atau hati sapi

Masukkan hati ayam atau hati sapi yang sudah diiris tadi ke dalam wajan. Tumis hingga hati ayam atau hati sapi berubah warna.

5. Menambahkan gula merah dan garam

Tambahkan gula merah, garam, dan air ke dalam wajan. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam hati ayam atau hati sapi.

6. Menambahkan santan

Setelah air menyusut, tambahkan santan ke dalam wajan. Masak hingga santan matang dan bumbu meresap ke dalam hati ayam atau hati sapi. Aduk-aduk agar santan tidak pecah.

7. Menambahkan bahan pelengkap

Terakhir, tambahkan bahan pelengkap seperti cabe rawit jika suka pedas dan daun bawang yang sudah diiris halus. Aduk-aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.

Sajikan

Sambal goreng ati yang enak siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat dan lauk pauk lainnya.

Itulah resep sambal goreng ati yang enak dan pastinya bikin nagih. Selamat mencoba di rumah ya!

Dalam memasak sambal goreng ati, tentu saja banyak pertanyaan yang muncul seperti bagaimana cara membuat sambal goreng ati yang tidak amis, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng ati yang enak. Jawabannya tentu saja tergantung pada teknik memasak dan pengalaman masing-masing. Namun, yang pasti, penting untuk memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dan cara memasak yang benar agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Yg Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :