Resep Sambal Balado Kentang Kering

Posted on

Resep Sambal Balado Kentang Kering salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Balado Kentang Kering

Kamu bisa membuat sambal balado kentang kering sebagai hidangan pelengkap makananmu. Sambal ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai makanan pedas. Tidak hanya itu, sambal balado kentang kering ini juga bisa menjadi cemilan yang enak untuk kamu nikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak sambal balado kentang kering, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram kentang
  • 4 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan air jeruk limau
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Balado Kentang Kering

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat sambal balado kentang kering:

1. Memotong Kentang

Pertama-tama, kupas kentang dan potong menjadi bentuk korek api atau sesuai selera. Jangan terlalu tebal ya, agar kentang bisa matang sempurna dan renyah ketika digoreng.

2. Menggoreng Kentang

Setelah kentang dipotong, goreng kentang di dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

3. Membuat Bumbu Balado

Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis hingga harum. Lalu, masukkan cabai merah dan cabai rawit. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.

4. Menghaluskan Bumbu

Setelah bumbu balado sudah matang, angkat dan haluskan dengan menggunakan blender atau ulekan. Jangan lupa tambahkan air jeruk limau ke dalam bumbu agar rasanya semakin segar.

5. Mengolah Kentang dengan Bumbu Balado

Langkah terakhir adalah mencampurkan kentang goreng dengan bumbu balado yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga kentang terbalut dengan bumbu. Kemudian, panggang kentang di dalam oven atau teflon dengan api kecil hingga kentang kering dan renyah.

Cara Penyajian

Sambal balado kentang kering siap untuk disajikan. Kamu bisa menyajikan sambal ini sebagai pelengkap makanan atau sebagai cemilan. Sajikan sambal balado kentang kering bersama nasi putih hangat atau mie goreng kesukaanmu. Selamat mencoba!

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal balado kentang kering yang enak?

Jawaban: Untuk membuat sambal balado kentang kering yang enak, kamu perlu memperhatikan takaran bahan yang digunakan dan proses penggorengan kentang yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan air jeruk limau agar sambal lebih segar dan nikmat.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Balado Kentang Kering ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :