Resep Menu Kue Dodol Jagung Khas Kutai

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Menu Kue Dodol Jagung Khas Kutai salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Menu Kue Dodol Jagung Khas Kutai

Kue dodol jagung merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan dasar jagung yang dikukus dan dicampur dengan gula, santan, dan bahan-bahan lainnya. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki resep kue dodol jagung yang khas yaitu Kutai. Berikut ini adalah resep menu kue dodol jagung khas Kutai yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum memulai membuat kue dodol jagung khas Kutai, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram jagung manis yang telah dipipil
  • 500 ml santan kental
  • 250 gram gula merah yang telah diiris tipis
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram tepung ketan
  • 50 ml air matang

Cara membuat adonan kue dodol jagung

Setelah bahan-bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue dodol jagung. Berikut ini adalah cara membuat adonan kue dodol jagung khas Kutai:

  1. Pertama-tama, campurkan jagung pipilan, santan, gula merah, gula pasir, dan daun pandan ke dalam wadah. Aduk rata.
  2. Masak adonan jagung di atas api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan melepaskan minyak. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.
  3. Campurkan tepung ketan dengan air dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan campuran tepung ketan ke dalam adonan jagung dan aduk hingga rata.
  5. Angkat adonan dari api dan tuangkan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak goreng. Ratakan permukaan adonan.
  6. Diamkan adonan hingga dingin dan mengeras. Kemudian potong-potong sesuai dengan selera.

Cara penyajian kue dodol jagung

Setelah kue dodol jagung selesai dipotong-potong, kamu bisa menyajikannya untuk keluarga atau tamu yang datang ke rumah. Kue ini cocok disajikan saat sore hari bersama secangkir teh atau kopi. Berikut ini adalah cara penyajian kue dodol jagung yang enak:

  1. Ambil potongan kue dodol jagung dan susun di atas piring saji.
  2. Taburkan sedikit kelapa parut di atas kue dodol jagung.
  3. Jika suka, kamu juga bisa menambahkan sedikit meses sebagai topping.
  4. Kue dodol jagung siap disajikan.
Keunikan kue dodol jagung khas Kutai

Kue dodol jagung khas Kutai memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan kue dodol jagung dari daerah lain. Salah satu keunikan kue dodol jagung khas Kutai adalah penggunaan tepung ketan sebagai bahan pengental. Selain itu, kue ini juga memiliki tekstur yang lebih kenyal dan legit dibandingkan dengan kue dodol jagung dari daerah lain.

People also ask, apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat kue dodol jagung khas Kutai? Cara membuat adonan kue dodol jagung khas Kutai seperti apa? Bagaimana cara penyajian kue dodol jagung yang enak? Apa yang membuat kue dodol jagung khas Kutai unik? Semua pertanyaan tersebut telah dijawab dalam artikel ini. Selamat mencoba membuat kue dodol jagung khas Kutai di rumah!

Terima kasih sudah membaca Resep Menu Kue Dodol Jagung Khas Kutai ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :