Resep Membuat Kue Koci Khas Cirebon Yang Kenyal

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Membuat Kue Koci Khas Cirebon Yang Kenyal salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Membuat Kue Koci Khas Cirebon Yang Kenyal

Resep Membuat Kue Koci Khas Cirebon yang Kenyal Kue koci merupakan salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia terutama di daerah Cirebon. Kue ini terbuat dari ketan dan diisi dengan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah. Rasanya yang manis dan kenyal membuat kue koci ini menjadi favorit banyak orang. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat kue koci khas Cirebon yang kenyal, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue koci, pastikan semua bahan sudah tersedia. Untuk membuat kue koci khas Cirebon yang kenyal, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut: 1. 500 gram ketan putih 2. 200 ml air matang 3. 1/2 sendok teh garam 4. 150 gram gula merah 5. 200 gram kelapa parut kasar 6. Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Kulit Kue Koci

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat kulit kue koci. Berikut adalah cara membuat kulit kue koci: 1. Rendam ketan putih dalam air selama 2 jam. 2. Tiriskan ketan dan kukus selama 15-20 menit hingga matang. 3. Setelah matang, angkat ketan dan masukkan ke dalam wadah. 4. Tambahkan garam dan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi kenyal. 5. Ambil sejumput adonan dan pipihkan hingga berbentuk bulat. 6. Beri isian kelapa dan gula merah, lalu rapatkan kulit kue koci. 7. Lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.

Cara Membuat Isian Kelapa

Selain kulit kue koci, isian kelapa juga menjadi bagian penting dalam membuat kue koci yang kenyal. Berikut adalah cara membuat isian kelapa: 1. Campurkan kelapa parut kasar dengan gula merah, lalu aduk rata. 2. Panaskan wajan, lalu masukkan campuran kelapa dan gula merah. 3. Aduk terus hingga gula merah larut dan kelapa menjadi kering. 4. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin.

Cara Mengukus Kue Koci

Setelah semua bahan dan isian siap, langkah selanjutnya adalah mengukus kue koci. Berikut adalah cara mengukus kue koci: 1. Siapkan panci pengukus dan lapisi dengan daun pisang. 2. Tata kue koci di atas daun pisang, lalu kukus selama 20-25 menit. 3. Angkat kue koci dan biarkan dingin. 4. Setelah dingin, kue koci siap disajikan. Dengan mengikuti resep di atas, kamu bisa membuat kue koci khas Cirebon yang kenyal di rumah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti kacang hijau atau wijen untuk variasi isian. People Also Ask: – Apakah bisa menggunakan ketan hitam untuk membuat kue koci? Jawaban: Bisa, kamu bisa menggunakan ketan hitam untuk membuat kue koci. Namun, warna kulit kue koci akan menjadi lebih gelap. – Apakah harus menggunakan daun pisang untuk mengukus kue koci? Jawaban: Tidak harus, kamu juga bisa menggunakan kain kukus atau teflon sebagai pengganti daun pisang. Namun, penggunaan daun pisang akan memberikan aroma khas pada kue koci.

Terima kasih sudah membaca Resep Membuat Kue Koci Khas Cirebon Yang Kenyal ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :