Resep Membuat Kue Kastengel Keju

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Membuat Kue Kastengel Keju salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Membuat Kue Kastengel Keju

Kue kastengel keju adalah salah satu kue kering yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terkenal karena rasanya yang gurih dan kejunya yang melimpah. Jika Anda ingin mencoba membuat kue kastengel keju di rumah, berikut adalah resep lengkap yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kastengel keju, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. Keju Cheddar Parut

Keju cheddar parut adalah bahan utama dalam pembuatan kue kastengel keju. Pastikan Anda membeli keju cheddar yang berkualitas untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.

2. Tepung Terigu

Tepung terigu digunakan untuk membuat adonan kue. Sebaiknya gunakan tepung terigu protein tinggi agar kue kastengel keju dapat memiliki tekstur yang renyah.

3. Telur Ayam

Telur ayam berfungsi sebagai pengikat adonan kue. Pastikan Anda menggunakan telur ayam yang segar dan berkualitas.

4. Mentega

Mentega berfungsi untuk memberikan aroma dan rasa pada kue kastengel keju. Gunakan mentega yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

5. Susu Bubuk

Susu bubuk digunakan untuk memberikan rasa gurih pada kue kastengel keju. Pastikan Anda menggunakan susu bubuk yang berkualitas tinggi.

6. Gula Pasir

Gula pasir digunakan sebagai pemanis pada kue kastengel keju. Gunakan gula pasir yang halus agar mudah larut dalam adonan kue.

7. Baking Powder

Baking powder berfungsi sebagai pengembang pada adonan kue. Pastikan Anda menggunakan baking powder yang berkualitas agar kue kastengel keju dapat mengembang dengan baik.

8. Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada kue kastengel keju. Gunakan garam secukupnya agar tidak membuat rasanya terlalu asin.

9. Kuning Telur Ayam

Kuning telur ayam digunakan untuk memberikan warna pada kue kastengel keju. Pastikan Anda menggunakan kuning telur ayam yang segar dan berkualitas.

10. Susu Cair

Susu cair digunakan untuk melarutkan adonan kue. Gunakan susu cair yang segar dan berkualitas tinggi.

Cara Membuat Kue Kastengel Keju

Setelah semua bahan telah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue kastengel keju:

1. Campurkan Tepung Terigu, Susu Bubuk, Gula Pasir, Baking Powder, dan Garam

Campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata.

2. Tambahkan Mentega dan Keju Cheddar Parut

Tambahkan mentega dan keju cheddar parut ke dalam campuran tepung terigu. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

3. Tambahkan Telur Ayam dan Kuning Telur Ayam

Tambahkan telur ayam dan kuning telur ayam ke dalam adonan kue. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Tambahkan Susu Cair

Tambahkan susu cair sedikit-sedikit ke dalam adonan kue sambil terus diaduk hingga adonan kue menjadi lembut dan tidak bergerindil.

5. Diamkan Adonan Kue

Diamkan adonan kue selama kurang lebih 30 menit agar adonan menjadi lebih kenyal dan mudah diproses.

6. Bentuk Adonan Kue Menjadi Kastengel

Setelah adonan kue telah siap, bentuk adonan menjadi kastengel dengan ukuran yang sesuai dengan selera Anda. Anda dapat membentuk adonan menjadi kastengel dengan menggunakan cetakan khusus atau dengan cara manual.

7. Panggang Kue Kastengel Keju

Panggang kue kastengel keju dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 160 derajat Celsius selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kecoklatan.

8. Dinginkan Kue Kastengel Keju

Setelah kue kastengel keju matang, keluarkan dari oven dan dinginkan sejenak sebelum disajikan.

9. Sajikan Kue Kastengel Keju

Sajikan kue kastengel keju dalam piring saji dan nikmati bersama keluarga atau teman-teman Anda.

People also ask, apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue kastengel keju? Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue kastengel keju antara lain keju cheddar parut, tepung terigu, telur ayam, mentega, susu bubuk, gula pasir, baking powder, garam, kuning telur ayam, dan susu cair.

Terima kasih sudah membaca Resep Membuat Kue Kastengel Keju ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :