Resep Kue Sagon Tepung Kanji

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Sagon Tepung Kanji salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Sagon Tepung Kanji

Kue sagon tepung kanji adalah salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung kanji, kelapa parut, dan gula. Kue sagon tepung kanji memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Kue ini juga sangat mudah dibuat dan cocok untuk dijadikan camilan di waktu santai.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue sagon tepung kanji, Anda memerlukan beberapa bahan berikut:

  • 250 gram tepung kanji
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 2 butir telur
  • 100 ml air matang
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Sagon Tepung Kanji

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue sagon tepung kanji:

Langkah 1: Campurkan Tepung Kanji dan Gula Pasir

Campurkan tepung kanji dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Kenapa harus menggunakan tepung kanji?

Tepung kanji dipilih sebagai bahan utama dalam kue sagon karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Selain itu, tepung kanji juga menghasilkan kue yang ringan dan mudah dicerna.

Langkah 2: Tambahkan Telur dan Air

Kocok telur dan air matang dalam wadah terpisah. Setelah itu, tuangkan ke dalam campuran tepung kanji dan gula pasir. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Kenapa harus menambahkan telur dan air?

Telur dan air digunakan untuk mengikat bahan-bahan menjadi adonan yang kalis. Telur juga memberikan kelembutan pada tekstur kue.

Langkah 3: Tambahkan Kelapa Parut dan Garam

Tambahkan kelapa parut kasar dan garam ke dalam adonan tepung kanji. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Kenapa harus menambahkan kelapa parut?

Kelapa parut memberikan rasa dan aroma yang khas pada kue sagon. Selain itu, kelapa parut juga memberikan tekstur kue yang renyah.

Langkah 4: Bentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil. Lakukan hingga adonan habis.

Kenapa harus membentuk adonan menjadi bulatan kecil?

Bentuk bulatan kecil pada adonan kue sagon memudahkan dalam proses penggorengan. Selain itu, bentuk bulat juga memberikan kesan yang cantik pada kue.

Langkah 5: Goreng Kue Sagon Tepung Kanji

Goreng kue sagon tepung kanji dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Kenapa harus digoreng?

Penggorengan membuat kue sagon tepung kanji memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Warna kecokelatan pada kue juga memberikan kesan yang cantik pada kue.

Itulah cara membuat kue sagon tepung kanji yang sangat mudah dan praktis. Kue ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa hari. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan di saat santai atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati kelezatan kue sagon tepung kanji.

People Also Ask

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait resep kue sagon tepung kanji adalah:

1. Apa itu tepung kanji?

Tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari umbi garut. Tepung ini digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kue dan makanan tradisional lainnya.

2. Apa bedanya sagon dengan klepon?

Sagon dan klepon sama-sama terbuat dari bahan beras ketan dan gula. Namun, sagon memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak ada isian di dalamnya.

3. Bolehkah menggunakan kelapa parut yang sudah diproses?

Boleh saja menggunakan kelapa parut yang sudah diproses, namun kelapa parut yang masih segar lebih baik digunakan untuk menghasilkan rasa dan aroma yang lebih khas pada kue sagon.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Sagon Tepung Kanji ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :