Resep Kue Lapis Sari Pengantin

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Sari Pengantin salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Sari Pengantin

Kue lapis sari pengantin adalah kue tradisional Indonesia yang sudah ada sejak lama. Kue ini biasa dihidangkan pada acara pernikahan atau acara adat lainnya. Kue lapis sari pengantin terdiri dari beberapa lapisan yang diisi dengan berbagai bahan seperti kelapa parut, gula, dan santan. Kue ini memiliki rasa yang manis dan lembut di mulut. Berikut adalah resep kue lapis sari pengantin yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kue lapis sari pengantin:

  • 500 gram tepung ketan
  • 500 ml santan kental
  • 250 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 150 gram kelapa parut
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • pewarna makanan merah dan hijau secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue lapis sari pengantin:

1. Buat adonan tepung ketan

Campurkan tepung ketan, santan, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Tambahkan daun pandan yang sudah diikat. Aduk lagi hingga rata. Saring adonan agar tidak ada yang menggumpal. Pisahkan adonan menjadi 3 bagian.

2. Buat adonan kelapa

Campurkan kelapa parut dan air kapur sirih. Aduk rata. Pisahkan adonan menjadi 3 bagian. Tambahkan pewarna makanan hijau pada satu bagian dan pewarna makanan merah pada bagian lainnya. Aduk rata hingga warna merata.

3. Siapkan loyang

Olesi loyang dengan minyak goreng. Panaskan loyang di atas api kecil.

4. Buat lapisan pertama

Tuang adonan tepung ketan ke dalam loyang setebal 1 cm. Panggang di atas api kecil hingga adonan setengah matang. Tambahkan adonan kelapa hijau di atasnya setebal 0,5 cm. Panggang lagi hingga setengah matang. Tambahkan lagi adonan tepung ketan setebal 1 cm, panggang lagi hingga setengah matang. Tambahkan adonan kelapa merah setebal 0,5 cm. Panggang lagi hingga setengah matang.

5. Buat lapisan kedua

Tuang adonan tepung ketan di atas lapisan pertama setebal 1 cm. Panggang hingga setengah matang. Tambahkan adonan kelapa hijau setebal 0,5 cm. Panggang lagi hingga setengah matang. Tambahkan lagi adonan tepung ketan setebal 1 cm. Panggang lagi hingga setengah matang. Tambahkan adonan kelapa merah setebal 0,5 cm. Panggang lagi hingga setengah matang.

6. Buat lapisan ketiga

Ulangi langkah nomor 5 hingga semua adonan habis dan lapisan terakhir adalah adonan tepung ketan. Panggang hingga matang. Angkat dari loyang dan dinginkan.

Itulah resep kue lapis sari pengantin yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban atas pertanyaan “Bagaimana cara membuat kue lapis sari pengantin yang enak?” adalah dengan mengikuti resep di atas. Namun, jika kamu ingin mencoba variasi lain, kamu bisa menambahkan bahan seperti kacang hijau atau kismis di antara lapisan-lapisan kue. Selain itu, pastikan juga kamu tidak terlalu lama memanggang kue agar tidak terlalu kering dan keras. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Sari Pengantin ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :