Resep Kue Lapis Legit Putih Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Legit Putih Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Legit Putih Telur

Kue lapis legit putih telur adalah salah satu jenis kue khas Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Kue ini terdiri dari lapisan kue yang tipis dan lembut dengan aroma yang harum dari bahan-bahan yang digunakan. Bagi Anda yang ingin membuat kue lapis legit putih telur sendiri di rumah, berikut adalah resep yang dapat diikuti.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue lapis legit putih telur, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:

  • 12 butir telur putih
  • 300 gram mentega
  • 225 gram gula pasir
  • 225 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/4 sendok teh cengkeh bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat kue lapis legit putih telur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Loyang dan Oles Mentega

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160 derajat Celsius. Selanjutnya, siapkan loyang dengan ukuran 20 x 20 cm dan oles dengan mentega secara merata.

2. Kocok Putih Telur

Kocok putih telur menggunakan mixer pada kecepatan tinggi hingga mengembang dan berbusa. Tambahkan setengah bagian gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga adonan menjadi kaku.

3. Kocok Mentega

Kocok mentega dan sisa gula pasir pada kecepatan tinggi hingga lembut dan kental.

4. Campurkan Tepung

Campurkan tepung, kayu manis, cengkeh, pala, dan garam dalam wadah terpisah. Ayak campuran tepung tersebut sedikit-sedikit ke dalam adonan mentega sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.

5. Campurkan Putih Telur dan Adonan Mentega

Tambahkan setengah bagian putih telur ke dalam adonan mentega. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Selanjutnya, masukkan sisa putih telur dan aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

6. Tambahkan Vanilla Bubuk

Tambahkan vanila bubuk ke dalam adonan dan aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

7. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan menggunakan spatula.

8. Panggang Kue

Panggang kue dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 160 derajat Celsius selama 30-40 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan di atasnya.

9. Sajikan Kue

Ambil kue dari dalam oven dan biarkan dingin hingga suhu ruangan. Setelah itu, potong kue menjadi bentuk yang diinginkan dan sajikan dengan cara yang diinginkan.

Catatan

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan Anda mengikuti resep dan langkah-langkah dengan benar. Jangan terburu-buru dalam proses pembuatan kue lapis legit putih telur, karena butuh ketelitian dan kesabaran.

Jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang resep kue lapis legit putih telur:

  • 1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis legit putih telur?
  • Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis legit putih telur sekitar 1-2 jam, tergantung pada kemampuan dan pengalaman dalam membuat kue.

  • 2. Bisakah telur utuh digunakan untuk membuat kue lapis legit putih telur?
  • Tidak, telur yang digunakan harus hanya putih telur saja. Karena kuning telur dapat mengubah warna kue menjadi kekuningan dan mengurangi tekstur yang lembut.

  • 3. Apakah tepung terigu protein tinggi dapat diganti dengan tepung terigu biasa?
  • Tidak, tepung terigu protein tinggi sangat penting untuk membuat kue lapis legit putih telur. Karena tepung terigu protein tinggi menghasilkan kue yang lebih lembut dan empuk.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Legit Putih Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :