Resep Kue Khas Bugis Kue Sepuluh Bolong

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Khas Bugis Kue Sepuluh Bolong salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Khas Bugis Kue Sepuluh Bolong

Kue Sepuluh Bolong adalah salah satu kue khas dari Bugis, Sulawesi Selatan. Kue ini terdiri dari sepuluh lubang kecil yang memiliki isian berupa kacang hijau yang manis dan lezat. Kue ini sering dihidangkan sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Jika Anda ingin mencoba membuat kue ini di rumah, berikut adalah resep yang dapat diikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue sepuluh bolong, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 1. 500 gram tepung ketan 2. 200 ml santan 3. 250 gram gula pasir 4. 1 sendok teh garam 5. 200 gram kacang hijau 6. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Isian Kacang Hijau

Sebelum membuat adonan kue, Anda harus membuat isian kacang hijau terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Rendam kacang hijau dalam air selama beberapa jam hingga empuk. 2. Tiriskan kacang hijau dan kukus selama 30-40 menit hingga matang. 3. Haluskan kacang hijau dengan blender atau food processor. 4. Tambahkan gula pasir secukupnya dan aduk hingga rata. 5. Isian kacang hijau siap digunakan.

Cara Membuat Adonan Kue

Setelah isian kacang hijau siap, langkah berikutnya adalah membuat adonan kue. Berikut adalah caranya: 1. Campurkan tepung ketan, santan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. 2. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis. 3. Diamkan adonan selama 30 menit agar tepung ketan dapat menyerap santan dengan baik.

Cara Membuat Kue Sepuluh Bolong

Setelah adonan dan isian siap, langkah terakhir adalah membuat kue sepuluh bolong. Berikut adalah caranya: 1. Ambil sedikit adonan dan pipihkan hingga berbentuk bulat dengan ketebalan sekitar 1 cm. 2. Tambahkan isian kacang hijau di tengah adonan. 3. Lipat adonan menjadi dua hingga isian tertutup rapat. 4. Pipihkan kembali adonan hingga ketebalan sekitar 1 cm. 5. Gunakan cetakan kue sepuluh bolong untuk membentuk kue. 6. Panaskan minyak goreng dalam wajan. 7. Goreng kue dalam minyak goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. 8. Angkat kue dan tiriskan minyaknya. Setelah selesai, kue sepuluh bolong siap disajikan. Kue ini dapat disimpan dalam wadah tertutup selama beberapa hari. Untuk memberikan rasa yang lebih segar, kue dapat dipanaskan kembali sebelum disajikan. People also ask, apakah kue sepuluh bolong hanya ada di Sulawesi Selatan? Kue sepuluh bolong memang dikenal sebagai salah satu kue khas Bugis, Sulawesi Selatan. Namun, kue ini juga dapat ditemukan di daerah lain di Indonesia, terutama di daerah yang memiliki banyak masyarakat Bugis. Kue sepuluh bolong juga dapat ditemukan di beberapa toko kue di Indonesia.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Khas Bugis Kue Sepuluh Bolong ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :