Resep Kue Kering Dari Tepung Ketan Dan Gambarnya

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Kering Dari Tepung Ketan Dan Gambarnya salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Kering Dari Tepung Ketan Dan Gambarnya

Kue kering menjadi salah satu camilan yang selalu dicari oleh banyak orang. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat kue kering adalah tepung ketan. Tepung ketan memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga cocok untuk membuat kue kering. Berikut ini adalah resep kue kering dari tepung ketan dan gambarnya yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue kering dari tepung ketan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. Tepung Ketan

Tepung ketan menjadi bahan utama dalam resep kue kering ini. Pastikan kamu membeli tepung ketan yang berkualitas untuk menghasilkan kue kering yang lezat.

2. Gula Halus

Gula halus digunakan sebagai pemanis pada kue kering ini. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula halus sesuai dengan selera.

3. Margarin

Margarin digunakan sebagai bahan pengganti mentega dalam resep ini. Pilih margarin yang tidak terlalu asin dan tidak terlalu keras.

4. Telur Ayam

Telur ayam digunakan sebagai bahan pengikat pada adonan kue kering ini. Pastikan kamu memilih telur ayam yang segar dan berkualitas.

5. Susu Kental Manis

Susu kental manis digunakan untuk memberikan rasa dan aroma yang lezat pada kue kering ini. Kamu bisa menyesuaikan jumlah susu kental manis sesuai dengan selera.

6. Pewarna Makanan

Pewarna makanan digunakan untuk memberikan warna pada kue kering ini. Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera atau tema acara.

Cara Membuat Kue Kering dari Tepung Ketan

Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue kering dari tepung ketan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Margarin dan Gula Halus

Pertama-tama, campurkan margarin dan gula halus dalam sebuah wadah. Aduk hingga merata menggunakan mixer atau spatula.

2. Tambahkan Telur Ayam

Tambahkan telur ayam pada adonan margarin dan gula halus. Aduk hingga merata menggunakan mixer atau spatula.

3. Tambahkan Tepung Ketan

Tambahkan tepung ketan pada adonan margarin, gula halus, dan telur ayam. Aduk menggunakan tangan hingga tercampur rata.

4. Tambahkan Susu Kental Manis

Tambahkan susu kental manis pada adonan dan aduk hingga merata. Kamu bisa menyesuaikan jumlah susu kental manis sesuai dengan selera.

5. Bagi Adonan Menjadi Beberapa Bagian

Setelah adonan tercampur rata, bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang ingin digunakan. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan dan aduk hingga merata.

6. Bentuk Adonan Menjadi Bentuk yang Diinginkan

Bentuk adonan menjadi bentuk yang diinginkan, misalnya bulat, segitiga, atau kotak. Kamu bisa menggunakan cetakan kue kering atau membentuknya secara manual.

7. Panggang Adonan dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit. Setelah itu, panggang adonan dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah itu, keluarkan kue kering dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, kamu bisa menyimpannya dalam toples atau wadah tertutup untuk menjaga kesegarannya.

People Also Ask

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait dengan resep kue kering dari tepung ketan:

1. Apa Saja Variasi Rasa Kue Kering dari Tepung Ketan?

Kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan pada adonan kue kering, seperti kacang, cokelat, atau keju untuk memberikan variasi rasa.

2. Bisakah Menggunakan Mentega sebagai Pengganti Margarin?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan mentega yang digunakan tidak terlalu asin dan tidak terlalu keras.

3. Apakah Bisa Menggunakan Tepung Ketan Biasa?

Bisa, namun hasilnya mungkin akan berbeda dengan menggunakan tepung ketan khusus untuk membuat kue kering.

4. Berapa Lama Kue Kering dari Tepung Ketan Bisa Disimpan?

Kue kering dari tepung ketan bisa disimpan selama 1-2 minggu dalam wadah tertutup di suhu ruangan.

Itulah resep kue kering dari tepung ketan dan gambarnya yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Dari Tepung Ketan Dan Gambarnya ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :