Resep Kue Gei Dan Jai Tanpa Cetakan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Gei Dan Jai Tanpa Cetakan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Gei Dan Jai Tanpa Cetakan

Kue gei dan jai adalah kue tradisional yang populer di Indonesia. Namun, untuk membuatnya dibutuhkan cetakan khusus. Tapi jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan resep kue gei dan jai tanpa cetakan yang mudah dan praktis. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 ml santan kental
  • 1 butir telur
  • 100 ml air daun pandan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Air Daun Pandan

Untuk membuat air daun pandan, Anda perlu menyiapkan daun pandan segar sebanyak 10 lembar, lalu cuci bersih. Setelah itu, potong-potong daun pandan dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya dan blender hingga halus. Setelah itu, saring air daun pandan tersebut menggunakan saringan kain atau saringan kopi.

Cara Membuat Adonan Kue Gei dan Jai

Langkah pertama adalah mencampurkan tepung ketan putih dan tepung terigu dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula.

Selanjutnya, tambahkan santan kental, air daun pandan, gula pasir, dan garam ke dalam wadah yang sama. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Pecahkan telur dan masukkan ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Cara Mengukus Kue Gei dan Jai

Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan api sedang. Setelah itu, olesi permukaan cetakan dengan sedikit minyak goreng menggunakan kuas atau tisu dapur.

Ambil adonan kue gei dan jai secukupnya menggunakan sendok takar. Letakkan adonan di atas daun pisang atau cup kertas yang telah dipotong-potong. Setelah itu, susun di dalam kukusan dan tunggu selama 15-20 menit hingga matang.

Jangan lupa untuk mengecek kematangan kue gei dan jai. Jika sudah matang, angkat dari kukusan dan tunggu hingga dingin.

Setelah itu, kue gei dan jai siap disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti wijen atau parutan kelapa.

Itulah resep kue gei dan jai tanpa cetakan yang mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan:

1. Apakah kue gei dan jai sama?

Iya, kue gei dan jai adalah kue yang sama. Hanya saja, di beberapa daerah, kue ini memiliki nama yang berbeda-beda.

2. Apakah kue gei dan jai hanya bisa dibuat dengan cetakan khusus?

Tidak. Kue gei dan jai juga bisa dibuat tanpa cetakan khusus dengan menggunakan daun pisang atau cup kertas yang dipotong-potong.

3. Apakah kue gei dan jai mudah untuk dibuat?

Ya, kue gei dan jai tergolong mudah dalam pembuatannya. Yang penting adalah mengikuti resep dan tahapannya dengan benar.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Gei Dan Jai Tanpa Cetakan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :