Resep Kue Dari Tepung Beras Ketan Hitam

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Dari Tepung Beras Ketan Hitam salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Dari Tepung Beras Ketan Hitam

Kue merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Selain memiliki rasa yang enak, kue juga bisa menjadi camilan yang pas untuk menemani segelas teh atau kopi. Salah satu jenis kue yang cukup populer adalah kue dari tepung beras ketan hitam. Berikut adalah resep kue dari tepung beras ketan hitam

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue dari tepung beras ketan hitam antara lain:

  • 500 gram tepung beras ketan hitam
  • 300 ml air daun pandan
  • 200 gram gula kelapa
  • 100 ml santan kental
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Air Daun Pandan

Untuk membuat air daun pandan, Anda bisa menggunakan daun pandan segar atau yang sudah dikeringkan. Cuci bersih daun pandan segar dan potong-potong kecil. Jika menggunakan daun pandan yang sudah dikeringkan, rendam terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, rebus daun pandan dengan air hingga mendidih. Saring dan sisihkan airnya.

Cara Membuat Kue dari Tepung Beras Ketan Hitam

Pertama-tama, campurkan tepung beras ketan hitam, gula kelapa, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata. Setelah itu, tambahkan air daun pandan dan santan kental sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung. Tambahkan minyak goreng secukupnya agar adonan tidak lengket.

Setelah adonan bisa dipulung, bulatkan adonan dan letakkan di atas loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Ratakan adonan hingga setebal kurang lebih 2 cm. Letakkan daun pandan di atas adonan. Tutup loyang dengan kain bersih dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengembang.

Setelah 30 menit, panaskan kukusan dengan api sedang. Setelah kukusan panas, letakkan loyang dengan adonan di atas kukusan. Kukus adonan selama kurang lebih 45 menit hingga matang.

Cara Menyajikan Kue dari Tepung Beras Ketan Hitam

Setelah kue matang, keluarkan dari kukusan dan dinginkan. Setelah dingin, potong-potong kue sesuai selera. Kue dari tepung beras ketan hitam siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

People also ask, apakah bisa menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula kelapa pada resep kue dari tepung beras ketan hitam? Jawabannya, bisa. Namun, gula kelapa memberikan rasa yang lebih autentik pada kue dari tepung beras ketan hitam.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Dari Tepung Beras Ketan Hitam ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :