Resep Kue Dari Bahan Umbi Umbian

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Dari Bahan Umbi Umbian salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Dari Bahan Umbi Umbian

Kue adalah makanan yang selalu dinantikan oleh banyak orang, baik untuk dinikmati sendiri maupun untuk disajikan kepada tamu. Umbi-umbian adalah bahan dapur yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Ada banyak jenis kue yang dapat dibuat dengan bahan umbi-umbian, seperti talam singkong, onde-onde, dadar gulung, dan masih banyak lagi. Berikut adalah resep kue dari bahan umbi-umbian yang dapat dicoba di rumah.

Talam Singkong

Kue talam singkong adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong dan kelapa. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue talam singkong adalah singkong, kelapa parut, gula, tepung terigu, air, dan garam.

Cara Membuat Talam Singkong

1. Kupas singkong dan parut halus. Saring air singkong menggunakan kain bersih. 2. Campurkan singkong, kelapa parut, gula, tepung terigu, air, dan garam. Aduk rata. 3. Tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus selama 30-45 menit. 4. Setelah matang, keluarkan dari cetakan dan sajikan.

Onde-onde

Onde-onde adalah kue bola-bola yang terbuat dari ketan dan isi kacang hijau. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat onde-onde adalah ketan, kacang hijau, kelapa parut, garam, dan gula.

Cara Membuat Onde-onde

1. Rendam ketan selama 2 jam. Tiriskan dan kukus selama 30-40 menit. 2. Rebus kacang hijau hingga matang, kemudian haluskan. 3. Campurkan kacang hijau yang sudah dihaluskan dengan kelapa parut, gula, dan garam. Aduk rata. 4. Ambil sedikit ketan dan pipihkan. Beri isi kacang hijau dan bulatkan. 5. Gulingkan bola ketan pada kelapa parut. 6. Goreng bola ketan hingga kuning kecoklatan. Tiriskan dan sajikan. Selain talam singkong dan onde-onde, masih banyak lagi kue yang dapat dibuat dengan bahan umbi-umbian. Beberapa contoh lainnya adalah dadar gulung, putu mayang, dan kue lapis. Untuk membuat dadar gulung, bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung ketan, air, garam, kelapa parut, dan gula merah. Adonan dadar gulung dibuat dengan mencampurkan tepung ketan, air, dan garam. Setelah itu, adonan dipanggang dan diolesi dengan gula merah yang sudah dicairkan. Kemudian, dadar gulung digulung dengan kelapa parut sebagai isian. Putu mayang adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan air. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat putu mayang adalah tepung ketan, air, dan garam. Adonan putu mayang dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk bulir-bulir. Kemudian, bulir-bulir tersebut dikukus dan disajikan dengan kelapa parut dan gula merah. Kue lapis adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan santan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis adalah tepung beras, santan, gula, garam, dan pewarna makanan. Adonan kue lapis dibuat dengan mencampurkan tepung beras, santan, gula, garam, dan pewarna makanan. Setelah itu, adonan dipanggang secara bergantian dengan lapisan berbeda-beda. People also ask, “Apakah semua jenis umbi-umbian bisa digunakan untuk membuat kue?” Jawabannya adalah ya, hampir semua jenis umbi-umbian dapat digunakan untuk membuat kue. Namun, beberapa jenis umbi-umbian seperti ubi jalar dan ubi kayu lebih umum digunakan dalam pembuatan kue. Selain itu, umbi-umbian yang digunakan dalam pembuatan kue harus diolah terlebih dahulu agar dapat digunakan dengan baik.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Dari Bahan Umbi Umbian ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :