Resep Kue Bolu Mentega 6 Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Mentega 6 Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Mentega 6 Telur

Kue bolu mentega 6 telur adalah salah satu jenis kue yang paling digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lembut dan manis membuat kue ini menjadi pilihan yang tepat untuk acara-acara spesial seperti ulang tahun atau perayaan lainnya. Namun, bagi sebagian orang, membuat kue bolu mentega 6 telur bisa menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan resep lengkap cara membuat kue bolu mentega 6 telur yang lezat dan mudah.

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu mentega 6 telur, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 6 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh baking powder
  • 200 gram mentega tawar
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue bolu mentega 6 telur:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan benar. Pisahkan kuning telur dan putih telur ke dalam dua wadah yang berbeda. Sisihkan terlebih dahulu. Kemudian, siapkan mentega tawar dan gula pasir. Campurkan kedua bahan ini ke dalam satu wadah lalu aduk hingga tercampur rata.

2. Kocok Telur dan Gula Pasir

Setelah mentega dan gula pasir tercampur rata, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini memakan waktu sekitar 10-15 menit tergantung pada kecepatan mixer.

3. Tambahkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan Kuning Telur

Masukkan kuning telur ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata. Pastikan adonan tidak bergerindil.

5. Kocok Putih Telur

Kocok putih telur hingga mengembang dan berbentuk puncak. Kemudian, masukkan putih telur ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil terus diaduk dengan spatula hingga tercampur rata.

6. Panggang Kue

Siapkan loyang dan olesi dengan margarin atau mentega. Tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kemudian, panggang kue dalam oven dengan suhu 170 derajat Celsius selama 30-40 menit atau hingga matang. Cek kekematangan kue dengan menusuk bagian tengah kue dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

7. Keluarkan Kue dari Oven dan Dinginkan

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan kue dari loyang dan biarkan dingin di atas rak kawat.

Demikianlah resep cara membuat kue bolu mentega 6 telur yang lezat dan mudah. Selamat mencoba!

People Also Ask:

1. Apa yang membuat kue bolu mentega 6 telur menjadi lembut?

Kue bolu mentega 6 telur bisa menjadi lembut karena adonan yang dicampur dengan baik dan kocokan telur yang cukup lama sehingga adonan mengembang dengan sempurna.

2. Apa yang harus dilakukan jika kue bolu mentega 6 telur tidak mengembang?

Jika kue bolu mentega 6 telur tidak mengembang, kemungkinan ada kesalahan dalam pengocokan telur atau tepung terigu yang digunakan kurang berkualitas rendah protein. Pastikan Anda mengocok telur dengan baik dan memilih tepung terigu yang sesuai.

3. Bisakah menggunakan margarin sebagai pengganti mentega?

Bisa, namun rasanya akan sedikit berbeda karena margarin memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada mentega. Pastikan untuk menggunakan margarin yang berkualitas dan cocok untuk membuat kue bolu.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Mentega 6 Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :