Resep Kue Basah Yang Mudah Dan Praktis

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Basah Yang Mudah Dan Praktis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Basah Yang Mudah Dan Praktis

Kue basah menjadi salah satu camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Dari yang manis hingga yang gurih, kue basah selalu menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi selera. Namun, seringkali kita kesulitan untuk membuat kue basah karena memerlukan banyak bahan dan proses yang rumit. Oleh karena itu, saya akan berbagi resep kue basah yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kue basah, tentunya Anda harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200 ml santan
  • 1 sendok teh baking powder
  • Secukupnya garam
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue basah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Campurkan Tepung Terigu, Gula, Baking Powder, dan Garam

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Langkah 2: Tambahkan Telur dan Santan

Selanjutnya, tambahkan telur dan santan ke dalam adonan tepung terigu. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan dan adonan terlihat homogen.

Langkah 3: Diamkan Adonan

Setelah adonan sudah tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit agar adonan mengembang dan teksturnya lebih lembut.

Langkah 4: Panaskan Minyak Goreng

Sambil menunggu adonan mengembang, panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan.

Langkah 5: Goreng Adonan

Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam minyak panas menggunakan sendok sayur. Goreng adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Catatan:

Untuk hasil yang lebih baik, pastikan adonan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit saat digoreng. Jangan juga memasukkan adonan ke dalam minyak yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Variasi Resep Kue Basah

Selain resep kue basah di atas, masih banyak variasi kue basah yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kue Lumpur
  • Kue Lapis
  • Kue Klepon
  • Kue Mendut
  • Kue Putu Ayu

Setiap jenis kue basah memiliki bahan dan cara pembuatan yang berbeda-beda. Namun, dengan mengikuti cara membuat adonan kue basah yang mudah dan praktis seperti di atas, Anda dapat mencoba membuat berbagai macam jenis kue basah dengan mudah.

People also ask: Apakah bisa membuat kue basah tanpa santan?

Jawaban: Bisa, Anda dapat mengganti santan dengan susu cair atau air. Namun, rasanya akan berbeda dengan kue basah yang menggunakan santan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Yang Mudah Dan Praktis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :