Resep Kue Basah Sederhana Tanpa Oven

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Basah Sederhana Tanpa Oven salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Basah Sederhana Tanpa Oven

Kue basah merupakan salah satu jenis kue yang sangat disukai oleh banyak orang. Terdapat berbagai jenis kue basah yang bisa kita temukan di pasaran, seperti klepon, onde-onde, lapis legit, dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua orang memiliki oven di rumah untuk membuat kue basah. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi resep kue basah sederhana tanpa oven.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue basah, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue basah sederhana tanpa oven:

  • 200 gram tepung ketan
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat kue basah sederhana tanpa oven:

1. Campurkan Tepung Ketan, Gula, dan Garam

Pertama-tama, campurkan tepung ketan, gula, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan Santan dan Daun Pandan

Selanjutnya, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Kemudian, tambahkan daun pandan yang sudah dipotong-potong kecil-kecil. Aduk rata hingga daun pandan tercampur dengan baik.

3. Bentuk Adonan Menjadi Bulat-Bulat

Berikutnya, ambil sedikit adonan dan bulatkan. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.

4. Rebus Adonan

Siapkan panci dan isi dengan air. Panaskan air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan adonan yang sudah dibulatkan ke dalam panci. Masak hingga adonan mengapung di atas air. Angkat dan tiriskan.

5. Taburi Kelapa Parut

Setelah adonan sudah dingin, taburi dengan kelapa parut secukupnya. Kue basah sederhana tanpa oven siap disajikan.

Tips

Untuk mendapatkan hasil yang lebih lembut, gunakan santan kental. Selain itu, jangan terlalu sering mengaduk adonan agar tidak membuat adonan menjadi terlalu lengket.

Itulah resep kue basah sederhana tanpa oven yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

  • Bagaimana cara membuat kue basah sederhana tanpa oven?
  • Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue basah?
  • Apakah kue basah bisa dibuat tanpa oven?

Jawaban:

Kue basah sederhana bisa dibuat tanpa oven. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung ketan, gula, santan, garam, daun pandan, dan kelapa parut. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung ketan, gula, dan garam, menambahkan santan dan daun pandan, membentuk adonan menjadi bulat-bulat, merebusnya, dan menaburinya dengan kelapa parut.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Sederhana Tanpa Oven ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :