Resep Kue Basah Khas Padang

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Basah Khas Padang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Basah Khas Padang

Kue basah adalah salah satu kudapan yang kerap dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing daerah memiliki ciri khas dan bahan-bahan yang berbeda dalam membuat kue basah. Salah satu kue basah yang terkenal di Sumatera Barat adalah kue basah khas Padang. Kue ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang lembut. Berikut adalah resep kue basah khas Padang yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum membuat kue basah khas Padang, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 250 ml santan kental
  • 200 gram gula merah, serut
  • 100 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, maka kita bisa mulai membuat kue basah khas Padang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat adonan ketan

Pertama-tama, campurkan tepung ketan dengan santan kental secara perlahan dan sambil diuleni hingga adonan kalis. Setelah itu, bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit.

2. Membuat gula merah cair

Panaskan air dalam panci dan masukkan gula merah yang sudah diserut. Aduk hingga gula merah larut dan menjadi cair. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

3. Membuat lapisan kue

Ambil sejumput adonan ketan dan pipihkan di atas daun pisang yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, oleskan gula merah cair di atasnya dan tutup dengan sejumput adonan ketan lagi. Lakukan sampai adonan habis.

4. Mengukus kue

Kukus kue selama sekitar 30-40 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sejenak.

5. Menyajikan kue

Kue basah khas Padang siap disajikan. Anda dapat menikmatinya dengan teh atau kopi hangat.

Itulah resep kue basah khas Padang yang dapat Anda coba di rumah. Selain enak, kue ini juga mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat. Jangan lupa untuk mencoba membuatnya di rumah.

People also ask:

1. Apa itu kue basah khas Padang?

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue basah khas Padang?

3. Bagaimana cara membuat gula merah cair untuk kue basah khas Padang?

4. Berapa lama proses pengukusan kue basah khas Padang?

5. Bagaimana cara menyajikan kue basah khas Padang?

Jawaban:

1. Kue basah khas Padang adalah kue tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Kue ini terbuat dari ketan dan gula merah.

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung ketan, santan kental, gula merah, air, garam, dan daun pisang.

3. Cara membuat gula merah cair adalah dengan mencampurkan gula merah yang sudah diserut dengan air. Kemudian panaskan dan aduk hingga gula merah larut dan menjadi cair.

4. Proses pengukusan kue basah khas Padang memerlukan waktu sekitar 30-40 menit.

5. Kue basah khas Padang dapat disajikan langsung setelah diangkat dari kukusan. Biasanya kue ini disajikan dengan teh atau kopi hangat.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Khas Padang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :