Resep Kue Basah Dari Tepung Ketan Putih

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Basah Dari Tepung Ketan Putih salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Basah Dari Tepung Ketan Putih

Kue basah dari tepung ketan putih adalah salah satu kue tradisional yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta rasa yang manis dan gurih. Untuk membuat kue basah dari tepung ketan putih, dibutuhkan beberapa bahan dan langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah resep yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

– 500 gram tepung ketan putih – 400 ml air matang – 200 gram gula pasir – 1 sendok teh garam – 200 ml santan kental – 1 lembar daun pandan – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Pertama, campurkan tepung ketan putih, air matang, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula. 2. Tambahkan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. 3. Iris daun pandan dan masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. 4. Diamkan adonan selama 30 menit hingga setengah mengembang. 5. Siapkan panci atau wajan datar. Olesi permukaannya dengan minyak goreng. 6. Ambil satu sendok sayur adonan dan bentuk bulat pipih menggunakan tangan. 7. Letakkan adonan di atas panci atau wajan yang sudah dipanaskan dengan api sedang. 8. Tutup panci atau wajan dan biarkan kue matang selama 3-5 menit. 9. Balik kue dan biarkan matang selama 2-3 menit. 10. Angkat kue dan letakkan di atas piring saji. Lakukan proses yang sama hingga adonan habis.

Tips

– Pastikan adonan kue basah dari tepung ketan putih tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Adonan yang terlalu lembek akan sulit dibentuk, sementara adonan yang terlalu keras akan membuat kue menjadi keras. – Gunakan api sedang saat memanggang kue. Jangan terlalu panas karena kue akan mudah gosong di bagian luar dan belum matang di bagian dalam. – Jangan terlalu sering membuka tutup panci atau wajan saat memanggang kue karena akan memperlambat proses pematangan.

Penyajian

Kue basah dari tepung ketan putih siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Kamu juga bisa menambahkan taburan wijen atau kelapa parut di atasnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Untuk informasi lebih lanjut, beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah: – Berapa lama kue basah dari tepung ketan putih bisa disimpan? Kue basah dari tepung ketan putih dapat disimpan selama 2-3 hari di dalam wadah kedap udara di suhu ruangan. Namun, disarankan untuk langsung dikonsumsi agar kue tetap lembut dan kenyal. – Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti daun pandan? Daun pandan dapat diganti dengan pasta pandan atau ekstrak pandan yang dijual di toko bahan kue. Namun, penggunaan daun pandan akan memberikan aroma dan rasa yang lebih alami pada kue. – Bisa tidak menggunakan santan pada resep kue basah dari tepung ketan putih? Santan dapat diganti dengan air matang biasa, namun rasanya akan berbeda dan kue tidak akan sekenyal ketika menggunakan santan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Dari Tepung Ketan Putih ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :