Resep Dan Cara Buat Kue Cucur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Dan Cara Buat Kue Cucur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Dan Cara Buat Kue Cucur

Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup untuk berbagai acara seperti lebaran, pernikahan, atau acara keluarga. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue cucur sendiri di rumah, berikut adalah resep dan cara membuat kue cucur yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kue cucur, tentu kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Utama

– 200 gram tepung terigu

– 2 sendok makan tepung beras

– 1 sendok teh ragi instan

– 1 sendok teh garam

– 500 ml air santan

– Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelengkap

– Kelapa parut secukupnya

– Gula merah secukupnya

– Air secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan kue cucur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan tepung terigu, tepung beras, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

2. Tambahkan air santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak bergerindil. Diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.

3. Panaskan minyak dalam wajan. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuang ke dalam minyak panas. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

4. Selanjutnya, siapkan bahan pelengkap. Rebus gula merah dengan air hingga larut dan mengental. Tambahkan kelapa parut dan aduk rata.

5. Sajikan kue cucur dengan taburan kelapa parut dan gula merah di atasnya.

Itulah resep dan cara membuat kue cucur yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk mencoba variasi rasa dan pelengkap yang berbeda untuk membuat kue cucur yang semakin lezat.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cara membuat kue cucur, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya:

– Apakah tepung beras bisa diganti dengan tepung ketan? Ya, bisa. Namun, tekstur kue cucur akan sedikit berbeda jika menggunakan tepung ketan.

– Apakah ragi instan wajib digunakan? Tidak wajib, namun ragi instan akan membantu adonan mengembang lebih cepat.

– Apakah air santan bisa diganti dengan santan kental? Bisa, namun pastikan untuk menambahkan air secukupnya agar adonan tidak terlalu kental.

– Apakah kue cucur bisa disimpan dalam lemari es? Bisa, namun sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan dimakan dalam waktu 1-2 hari.

Terima kasih sudah membaca Resep Dan Cara Buat Kue Cucur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :