Resep Cara Buat Kue Bolu Sambawa

Posted on

Resep Cara Buat Kue Bolu Sambawa, salah satu resep kue yang populer, enak, mudah dalam membuat dan cocok untuk semua. Sama seperti Resep Tteokbokki Kue Beras Korea Sederhana, resep ini juga bisa menjadi Kue favorit keluarga yang bikin nagih, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini :

Resep Cara Buat Kue Bolu Sambawa

Gampang Banget! Resep Cara Buat Kue Bolu Sambawa Cocok untuk Semua

Kue bolu sambawa adalah kue tradisional khas Sumbawa yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas. Jika Anda ingin mencoba membuat kue bolu sambawa sendiri di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue bolu sambawa, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

1. Tepung terigu

Tepung terigu digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat adonan kue. Pilihlah tepung terigu yang berkualitas baik dan memiliki kadar protein yang tinggi. Hal ini akan membuat kue lebih kenyal dan empuk.

2. Telur

Telur digunakan sebagai pengikat adonan kue. Gunakan telur ayam yang segar dan besar agar kue lebih lembut dan mengembang dengan baik.

3. Gula pasir

Gula pasir digunakan sebagai pemanis kue. Sesuaikan jumlah gula pasir yang digunakan dengan selera Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena hal ini akan mempengaruhi tekstur dan rasa kue.

4. Santan

Santan digunakan untuk memberikan aroma dan rasa khas pada kue bolu sambawa. Gunakan santan yang segar atau santan kemasan yang berkualitas baik.

5. Margarin

Margarin digunakan sebagai bahan pengganti mentega. Gunakan margarin yang mudah dicairkan dan tidak mengandung garam.

6. SP

SP atau emulsifier digunakan untuk membantu adonan kue mengembang dengan baik dan menghasilkan tekstur yang lembut dan kenyal.

7. Pewarna makanan

Pewarna makanan digunakan untuk memberikan warna pada kue bolu sambawa. Anda bisa menggunakan pewarna makanan merah atau hijau sesuai dengan selera.

Cara membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue bolu sambawa:

1. Siapkan bahan-bahan

Persiapkan semua bahan yang diperlukan dan ukur dengan tepat agar kue bisa berhasil.

2. Campurkan telur dan gula pasir

Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan tambahkan gula pasir. Kocok dengan mixer sampai mengembang dan berwarna putih pucat.

3. Tambahkan tepung terigu dan santan

Tambahkan tepung terigu dan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk dengan mixer. Jangan terlalu banyak mengaduknya agar adonan tidak overmix dan membuat kue menjadi keras.

4. Tambahkan margarin dan SP

Tambahkan margarin dan SP ke dalam adonan dan aduk rata dengan mixer. Pastikan margarin sudah dicairkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

5. Tambahkan pewarna makanan

Tambahkan pewarna makanan yang sudah disiapkan ke dalam adonan dan aduk rata dengan mixer. Pastikan warnanya merata dan tidak ada gumpalan.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm dan oleskan margarin tipis-tipis. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan spatula.

7. Panggang di oven

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celcius. Setelah itu, panggang kue selama 30-40 menit atau sampai matang. Tes dengan tusuk gigi, jika keluar bersih maka kue sudah matang.

8. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin

Keluarkan kue bolu sambawa dari oven dan biarkan dingin di atas rak kawat selama 10-15 menit. Setelah itu, keluarkan dari loyang dan sajikan.

People also ask: Bagaimana cara membuat kue bolu sambawa yang lembut dan empuk?

Jawaban: Untuk membuat kue bolu sambawa yang lembut dan empuk, pilihlah bahan-bahan yang berkualitas baik dan ikuti langkah-langkahnya dengan benar. Gunakan tepung terigu yang berkadar protein tinggi, telur ayam yang segar dan besar, santan yang segar atau berkualitas baik, dan margarin yang mudah dicairkan. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar kue tidak keras dan ikuti suhu dan waktu panggang yang tepat. Dengan begitu, kue bolu sambawa yang Anda buat akan lembut dan empuk.

Terima kasih sudah mengikuti pembahasan Resep Cara Buat Kue Bolu Sambawa sampai selesai. Silakan bagikan artikel dan referensikan website ini kepada yang membutuhkan. Ada banyak artikel sejenis lainnya yang bisa Anda simak, seperti : Resep Kue Kering Cantik Dan Unik dan Macam Macam Resep Kue Kering Yang Digoreng.