Kue Bikang Khas Mandar Dan Resepnya

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kue Bikang Khas Mandar Dan Resepnya salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Kue Bikang Khas Mandar Dan Resepnya

Kue Bikang Khas Mandar dan Resepnya Kue bikang adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Mandar, Sulawesi Barat. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan kelapa parut. Kue bikang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kue ini biasanya disajikan pada acara adat seperti pernikahan dan upacara adat lainnya. Bagi Anda yang ingin membuat kue bikang khas Mandar, berikut adalah resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

– 500 gram tepung ketan – 200 ml air hangat – 200 gram gula merah, serut halus – 300 gram kelapa parut kasar – 1 sendok teh garam – Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

1. Campur tepung ketan dengan air hangat, uleni hingga adonan kalis. 2. Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan gula merah dan kelapa parut. 3. Bulatkan adonan dan rapatkan, lakukan hingga adonan habis. 4. Kukus kue bikang selama 30 menit hingga matang. 5. Angkat dan dinginkan. 6. Sajikan kue bikang pada daun pisang.

Tips

– Gunakan tepung ketan yang berkualitas untuk menghasilkan kue bikang yang kenyal. – Jangan terlalu banyak mengisi adonan agar kue tidak pecah saat dikukus. – Kukus kue bikang dengan api yang sedang agar adonan matang merata. – Sajikan kue bikang pada daun pisang agar aroma daun pisang menambah cita rasa kue.

Variasi

Anda bisa mencoba variasi kue bikang dengan mengganti isian gula merah dan kelapa parut dengan kacang hijau atau kacang merah. Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan agar kue bikang terlihat lebih menarik. Untuk menjawab people also ask, beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait kue bikang khas Mandar adalah: 1. Apa bedanya kue bikang dengan kue putu? Kue bikang memiliki bahan dasar tepung ketan sedangkan kue putu menggunakan bahan dasar tepung beras. Selain itu, bentuk kue bikang bulat dan dipipihkan sedangkan kue putu berbentuk silinder. 2. Bisa gak bikang kue bikang tanpa kelapa? Bisa, tapi kelapa parut merupakan salah satu bahan penting dalam kue bikang karena memberikan rasa dan aroma yang khas. 3. Bisa gak bikang bikang pakai gula pasir? Bisa, tapi gula merah memberikan rasa yang lebih khas pada kue bikang. Jika menggunakan gula pasir, kue bikang tidak akan memiliki rasa yang sama dengan kue bikang khas Mandar.

Terima kasih sudah membaca Kue Bikang Khas Mandar Dan Resepnya ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :