Cara Mengobati Bisul Di Ketiak Secara Alami

Posted on

Cara Mengobati Bisul Di Ketiak Secara Alami salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengobati Bisul Di Ketiak Secara Alami

Bisul adalah salah satu jenis abses yang terjadi pada kulit. Bisul biasanya muncul pada bagian kulit yang sering terkena gesekan atau keringat, termasuk di ketiak. Kondisi ini sangat mengganggu dan menyakitkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mengobati bisul di ketiak secara alami.

Penyebab Bisul di Ketiak

Bisul di ketiak biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang masuk ke dalam folikel rambut atau kelenjar keringat di daerah ketiak. Bakteri ini menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan bisul.

Gejala Bisul di Ketiak

Beberapa gejala yang biasanya muncul pada bisul di ketiak antara lain:

  • Bengkak dan nyeri di sekitar area ketiak
  • Kulit di sekitar bisul tampak merah dan terasa hangat
  • Bisul biasanya berupa benjolan yang berisi nanah
  • Bisa disertai demam dan sakit kepala

Cara Mengobati Bisul di Ketiak Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mengobati bisul di ketiak secara alami:

1. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang dapat membunuh bakteri penyebab bisul. Caranya, potong bawang putih dan letakkan di atas bisul. Tutup dengan kain dan biarkan semalaman. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

2. Gunakan Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati bisul. Caranya, tumbuk daun sirih dan tambahkan air secukupnya. Oleskan pada bisul dan biarkan selama 20 menit. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

3. Gunakan Madu

Madu mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati bisul. Caranya, oleskan madu pada bisul dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

4. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengobati bisul. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan pada bisul. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

5. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membunuh bakteri penyebab bisul. Caranya, oleskan minyak kelapa pada bisul dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

6. Gunakan Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati bisul. Caranya, tumbuk kunyit dan tambahkan air secukupnya. Oleskan pada bisul dan biarkan selama 20 menit. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

7. Gunakan Air Garam

Air garam dapat membantu membersihkan bisul dan membunuh bakteri penyebab bisul. Caranya, campurkan air garam dengan air hangat dan rendam kain bersih. Tempelkan pada bisul selama 10-15 menit. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

8. Gunakan Teh Hijau

Teh hijau mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengobati bisul. Caranya, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama 5 menit. Dinginkan dan tempelkan pada bisul selama 10-15 menit. Lakukan setiap hari sampai bisul sembuh.

9. Hindari Menggaruk Bisul

Menggaruk bisul dapat membuat bakteri menyebar ke area sekitarnya dan memperburuk kondisi bisul. Jangan menggaruk bisul dan biarkan ia pecah dengan sendirinya. Setelah bisul pecah, bersihkan dengan air dan sabun.

10. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat membantu mempercepat penyembuhan bisul dan mencegah bisul muncul kembali. Pastikan untuk minum minimal 8 gelas air setiap hari.

Itulah beberapa cara mengobati bisul di ketiak secara alami. Namun, jika bisul tidak kunjung sembuh atau terasa semakin buruk, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jawaban atas pertanyaan yang sering muncul tentang bisul di ketiak adalah bahwa bisul dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, Anda dapat mempercepat penyembuhan dengan mengikuti beberapa cara mengobati bisul di ketiak secara alami seperti yang telah dijelaskan di atas. Jangan menggaruk bisul dan pastikan untuk minum banyak air untuk mencegah bisul muncul kembali.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengobati Bisul Di Ketiak Secara Alami ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :