Cara Menghilangkan Jerawat Fungal Acne

Posted on

Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Cara Menghilangkan Jerawat Fungal Acne salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Fungal Acne

Jerawat fungal acne adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh jamur Malassezia pada kulit. Jerawat jenis ini seringkali sulit dihilangkan karena tidak dapat diatasi dengan produk perawatan kulit biasa. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada cara menghilangkan jerawat fungal acne yang dapat dicoba.

Cara Menghilangkan Jerawat Fungal Acne

1. Perhatikan Kebiasaan Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah merupakan langkah penting dalam perawatan kulit, terutama bagi yang memiliki jerawat fungal acne. Pastikan untuk menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung bahan antimikroba dan antijamur untuk membantu mengontrol pertumbuhan jamur Malassezia. Selain itu, hindari menggosok wajah terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang memperparah jerawat.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Untuk menghilangkan jerawat fungal acne, penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan antijamur seperti asam salisilat, ketoconazole, atau pyrithione zinc. Bahan-bahan tersebut dapat membantu membunuh jamur Malassezia dan mengurangi peradangan pada kulit.

3. Hindari Produk yang Mengandung Minyak dan Gula Berlebihan

Produk perawatan kulit yang mengandung minyak dan gula berlebihan dapat memperparah jerawat fungal acne. Oleh karena itu, hindari produk yang mengandung bahan-bahan tersebut dan pilih produk yang mengandung bahan-bahan yang lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya jerawat fungal acne. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan, serta makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

5. Gunakan Obat Topikal

Obat topikal seperti krim antijamur atau salep kortikosteroid dapat membantu menghilangkan jerawat fungal acne. Obat-obatan tersebut dapat membantu membunuh jamur Malassezia dan mengurangi peradangan pada kulit. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan tersebut untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.

6. Pertahankan Kelembapan Kulit

Kulit yang kering dapat memperburuk kondisi jerawat fungal acne. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

7. Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat memperburuk kondisi kulit dan memicu timbulnya jerawat fungal acne. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berolahraga, meditasi, atau yoga.

8. Jangan Memencet Jerawat

Mencoba memencet jerawat dapat memperparah kondisi kulit dan menyebabkan infeksi pada kulit. Oleh karena itu, hindari kebiasaan memencet jerawat dan biarkan jerawat hilang dengan sendirinya.

9. Rajin Mengganti Bantal dan Handuk

Bantal dan handuk yang jarang diganti dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur Malassezia dan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, rajinlah mengganti bantal dan handuk, serta hindari berbagi alat-alat tersebut dengan orang lain.

10. Jangan Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Sudah Kadaluarsa

Produk perawatan kulit yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit yang memperparah kondisi jerawat fungal acne. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit yang masih dalam masa berlaku.

People Also Ask

1. Apakah jerawat fungal acne dapat menyebar ke bagian tubuh lain?
Jerawat fungal acne biasanya terjadi di area wajah, leher, dan dada. Namun, jika tidak diobati dengan baik, jerawat fungal acne dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

2. Apa yang menyebabkan jerawat fungal acne?
Jerawat fungal acne disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia pada kulit. Jamur ini biasanya tumbuh pada kulit yang lembab dan berminyak.

3. Apakah jerawat fungal acne bisa sembuh?
Jerawat fungal acne dapat sembuh dengan perawatan yang tepat. Namun, perawatan yang dilakukan harus tepat untuk menghilangkan jamur Malassezia pada kulit.

Terima kasih sudah membaca Cara Menghilangkan Jerawat Fungal Acne ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :