Cara Mengatasi Jerawat Steroid

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat Steroid salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Steroid

Jerawat steroid adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh penggunaan steroid. Steroid atau kortikosteroid adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti asma, alergi, dan rheumatoid arthritis. Namun, penggunaan steroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan jerawat steroid. Jerawat steroid biasanya muncul di wajah, dada, dan punggung. Jerawat steroid dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat steroid.

Cara Mengatasi Jerawat Steroid

Menghentikan Penggunaan Steroid

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat steroid adalah menghentikan penggunaan steroid. Jerawat steroid biasanya muncul setelah beberapa minggu atau bulan penggunaan steroid. Oleh karena itu, jika Anda mengalami jerawat steroid setelah menggunakan steroid, sebaiknya hentikan penggunaan steroid dan konsultasikan dengan dokter.

Menggunakan Obat Anti-Jerawat

Setelah menghentikan penggunaan steroid, Anda dapat menggunakan obat anti-jerawat untuk mengatasi jerawat steroid. Obat anti-jerawat yang dapat digunakan antara lain benzoyl peroxide, retinoid, dan antibiotik. Benzoyl peroxide dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, meredakan peradangan, dan menghilangkan komedo. Retinoid dapat membantu mempercepat regenerasi kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, dan menghilangkan komedo. Antibiotik dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. Namun, penggunaan antibiotik harus dengan resep dokter karena antibiotik yang salah dapat menyebabkan resistensi bakteri.

Menggunakan Pelembap

Jerawat steroid dapat membuat kulit kering dan iritasi. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari pelembap yang mengandung minyak. Pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, ceramide, dan hyaluronic acid dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Menghindari Produk Kosmetik Berminyak

Jerawat steroid dapat membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, hindari menggunakan produk kosmetik berminyak seperti foundation, bedak, dan pelembap. Gunakan produk kosmetik yang ringan dan tidak mengandung minyak. Pilih produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid dan alpha hydroxy acid yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit.

Menghindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat jerawat steroid semakin parah. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit dari sinar UV. Gunakan topi dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata dari sinar matahari yang berlebihan.

Menggunakan Obat Topikal atau Oral yang Diresepkan oleh Dokter

Jika jerawat steroid Anda parah, dokter dapat meresepkan obat topikal atau oral yang lebih kuat. Obat topikal yang diresepkan dokter antara lain tretinoin, adapalene, atau tazarotene. Obat oral yang diresepkan dokter antara lain isotretinoin atau antibiotik. Namun, penggunaan obat yang lebih kuat harus dengan pengawasan dokter karena dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti keringnya mata dan kulit, depresi, dan penglihatan kabur.

Mengatur Pola Makan dan Gaya Hidup

Polap makan dan gaya hidup juga dapat mempengaruhi jerawat steroid. Hindari makanan yang dapat memicu jerawat seperti makanan berminyak, makanan yang mengandung gula, dan makanan yang mengandung susu. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang sehat seperti ikan dan kacang-kacangan. Selain itu, olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres yang dapat memicu jerawat.

Menghindari Mengorek Jerawat

Mengorek atau memencet jerawat dapat membuat jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, hindari mengorek atau memencet jerawat dan biarkan jerawat tersebut sembuh dengan sendirinya. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat dengan cepat, gunakan obat jerawat yang sesuai dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan benar.

Menghindari Stres yang Berlebihan

Stres yang berlebihan dapat memicu jerawat steroid. Oleh karena itu, hindari stres yang berlebihan dan lakukan aktivitas yang dapat membantu mengurangi stres seperti yoga, meditasi, atau olahraga. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi stres dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Pentingnya Konsultasi dengan Dokter

Jika jerawat steroid Anda parah atau tidak kunjung sembuh setelah melakukan perawatan sendiri, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang lebih tepat dan membuat rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan menunda-nunda untuk berkonsultasi dengan dokter karena jerawat steroid yang tidak diobati dapat meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan.

Jawaban atas People Also Ask

Jerawat steroid dapat diatasi dengan beberapa cara seperti menghentikan penggunaan steroid, menggunakan obat anti-jerawat, menggunakan pelembap, menghindari produk kosmetik berminyak, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, menggunakan obat topikal atau oral yang diresepkan oleh dokter, mengatur pola makan dan gaya hidup, menghindari mengorek jerawat, menghindari stres yang berlebihan, dan berkonsultasi dengan dokter. Penting untuk menghindari penggunaan steroid yang berlebihan dan memilih obat anti-jerawat yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan menunda-nunda untuk berkonsultasi dengan dokter jika jerawat steroid Anda parah atau tidak kunjung sembuh setelah melakukan perawatan sendiri.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Jerawat Steroid ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :