Cara Mengatasi Jerawat Di Mata

Posted on

Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Cara Mengatasi Jerawat Di Mata salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Di Mata

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang, tidak terkecuali di area mata. Jerawat di mata dapat sangat mengganggu karena dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, dan merah pada bagian mata. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi jerawat di mata dengan tepat.

Penyebab Jerawat di Mata

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi jerawat di mata, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab jerawat di mata. Beberapa faktor yang dapat memicu jerawat di mata antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Jerawat di mata dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat menyebar melalui tangan yang tidak bersih atau benda lain yang terkontaminasi. Infeksi bakteri pada mata umumnya ditandai dengan adanya benjolan merah dan nyeri pada kelopak mata, serta keluarnya nanah.

2. Kelenjar Minyak Tersumbat

Kelenjar minyak yang terletak di sekitar mata juga dapat tersumbat dan menyebabkan jerawat di mata. Kondisi ini disebut sebagai meibomianitis. Kelenjar minyak yang tersumbat dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, dan sensasi terbakar pada mata.

3. Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Cocok

Produk kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah atau mata juga dapat memicu jerawat. Produk kosmetik yang mengandung bahan kimia keras atau terlalu berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, penggunaan produk kosmetik yang sudah kadaluwarsa juga dapat memicu jerawat di mata.

Cara Mengatasi Jerawat di Mata

Setelah mengetahui penyebab jerawat di mata, berikut ini adalah cara mengatasi jerawat di mata yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat di mata. Caranya, rendam kain bersih ke dalam air hangat, lalu peras dan letakkan pada mata selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

2. Hindari Menggosok Mata

Menggosok mata dapat memperparah kondisi jerawat di mata. Hindari menggosok mata dengan tangan yang tidak bersih atau lap yang sudah kotor. Selain itu, hindari juga memakai produk kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah atau mata.

3. Gunakan Obat Tetes Mata Antibiotik

Jika jerawat di mata disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter dapat meresepkan obat tetes mata antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat tetes mata.

4. Minum Obat Antibiotik

Jika jerawat di mata disebabkan oleh infeksi bakteri yang lebih serius, dokter dapat meresepkan antibiotik oral. Antibiotik oral dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun, penggunaan antibiotik harus sesuai dengan anjuran dokter dan tidak berlebihan.

5. Gunakan Salep Antibiotik

Salep antibiotik juga dapat membantu mengatasi jerawat di mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Salep antibiotik dapat membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengurangi peradangan di sekitar mata.

6. Periksakan ke Dokter Kulit

Jika jerawat di mata tidak kunjung sembuh setelah melakukan perawatan sendiri selama beberapa hari, sebaiknya periksakan ke dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan penanganan yang lebih tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

7. Hindari Menekan Jerawat di Mata

Menekan jerawat di mata dapat menyebabkan infeksi lanjutan dan memperparah kondisi jerawat. Hindari menekan jerawat di mata dengan tangan yang tidak bersih atau alat lain yang tidak steril.

Demikianlah beberapa cara mengatasi jerawat di mata yang dapat Anda lakukan. Penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan mata, serta menghindari penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. Selain itu, jika jerawat di mata tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berdasarkan People also ask, apakah jerawat di mata dapat menyebar?

Jerawat di mata dapat menyebar jika tidak segera ditangani dengan tepat. Infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat di mata dapat menyebar ke bagian mata yang lain, termasuk mata lainnya. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami jerawat di mata.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Jerawat Di Mata ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :