Cara Mengatasi Jerawat Baru Muncul

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat Baru Muncul salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Jerawat Baru Muncul

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada orang dewasa dan remaja. Meskipun jerawat tidak membahayakan kesehatan, tetapi dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Jerawat dapat muncul di wajah, leher, dada, punggung, dan bahkan lengan. Bahkan setelah jerawat hilang, bekasnya bisa tetap ada selama beberapa waktu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi jerawat baru muncul. Artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi jerawat baru muncul secara efektif.

Cara Mengatasi Jerawat Baru Muncul

1. Cuci Wajah Dengan Benar

Langkah pertama untuk mengatasi jerawat baru muncul adalah dengan membersihkan wajah dengan benar. Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan aktif salisilat atau benzoyl peroxide. Kedua bahan ini membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Namun, jangan terlalu sering mencuci wajah, karena bisa membuat kulit kering dan iritasi.

2. Hindari Produk Kosmetik Yang Berminyak

Produk kosmetik yang berminyak seperti foundation, bedak, dan pelembap dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat baru muncul. Pilihlah produk kosmetik yang bebas minyak dan mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau retinol. Produk kosmetik yang mengandung SPF juga penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi pastikan produk tersebut bebas minyak dan tidak menimbulkan jerawat.

3. Jangan Memencet Jerawat

Jerawat memang sangat mengganggu dan membuat kita ingin segera memencetnya. Namun, memencet jerawat justru bisa membuat jerawat semakin meradang dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Selain itu, memencet jerawat juga bisa menyebabkan infeksi kulit yang lebih serius. Jadi, hindari kebiasaan memencet jerawat.

4. Gunakan Es Batu

Es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat baru muncul. Caranya, bungkus es batu dengan kain dan tempelkan pada jerawat selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E dapat membantu mengurangi jerawat baru muncul. Makanan yang kaya akan omega-3 seperti ikan salmon juga dapat membantu mengatasi jerawat. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi, karena dapat memicu jerawat baru muncul.

6. Gunakan Obat Jerawat

Obat jerawat bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi jerawat baru muncul. Obat yang mengandung benzoyl peroxide atau salisilat dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, sebelum menggunakan obat jerawat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis dan cara penggunaannya yang tepat.

People Also Ask

– Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat?
Bekas jerawat bisa dihilangkan dengan menggunakan krim pencerah kulit, peeling kimia, atau laser. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat.
– Apakah jerawat bisa dipicu oleh stres?
Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang dapat merangsang produksi minyak pada kulit dan memicu jerawat. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan olahraga.
– Bisakah jerawat sembuh dengan sendirinya?
Jerawat biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-6 minggu. Namun, jika jerawat tidak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah membaca Cara Mengatasi Jerawat Baru Muncul ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :